Bermain Diluar Ternyata Banyak Manfaatnya Loh Moms

Moms, apakah si kecil suka bermain di luar atau tidak? Walaupun zaman sekarang makin sedikit yang suka bermain di luar rumah, bukan berarti Moms tidak mengajaknya untuk mencoba bermain di luar. Menurut Sandra L. Hofferth, Ph.D, Profesor di Departement Family Science, University of Maryland School of Public Health, Amerika Serikat (2006), berdasarkan penelitiannya yang menyebutkan bahwa waktu bermain outdoor rata-rata si kecil telah menurun lebih dari 9 jam per minggu dari tahun 1981 hingga 2003. Si kecil lebih asyik main didalam ruangan dengan perangkat elektronik atau menonton TV daripada mencari kesenangan dengan bermain di alam bebas.


Seperti yang dikutip dari parenting.co.id, ternyata ada beberapa manfaat yang diperoleh si kecil ketika mereka bermain di luar rumah.


1.    Memperbaiki Mood dan Mengatasi Stres

Ketika si kecil bermain diluar, sinar matahari yang mengenai si kecil mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak untuk menghasilkan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Sehingga, ketika si kecil aktif di luar, mereka akan lebih gembira, tidak stres, mudah tertawa lepas dan bersemangat.


Penelitian pun menunjukkan bahwa, aktivitas di luar ruangan terutama di alam bebas dapat menurunkan kadar hormon stres.


2.    Meningkatkan Keterampilan Sosial

Pada saat si kecil bermain di luar dan bertemu dengan teman sebayanya, mereka akan belajar banyak. Hal ini memungkinkan si kecil untuk mengembangkan kemampuan problemsolving dan keahlian untuk bekerjasama dengan orang lain. Sehingga, kemampuan sosialnya pun semakin baik. Bukan itu saja, si kecil juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan disiplin diri pada saat bermain di luar sendirian.


3.    Merangsang Kreativitas dan Kemandirian

Saat si kecil bermain di alam, mereka belajar untuk melakukan hal-hal secara spontan dan indipenden untuk menghibur diri sendiri. Berdasarkan penelitian, permainan yang tidak berstruktur, seperti bermain apa saja di alam, sangat mengasah kreativitas, imajinasi, dan inovasi si kecil sejak dini. Si kecil pun akan mempunyai pemikiran yang bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil resiko dan terlatih dalam memecahkan masalah, bahkan si kecil pun bisa melatih jiwa kepemimpinannya jika sedang bermain dengan teman sebaya di luar.


4.    Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Si kecil yang memiliki banyak kesempatan untuk bermain di luar, relatif mengalami kemajuan kemampuan komunikasi yang baik. Dikarenakan si kecil yang bermain di luar lebih berkesempatan untuk melatih kemampuan bahasanya.


Mengajak si kecil untuk bermain di luar bukan hanya menyenangkan untuk si kecil, tetapi juga mempunyai manfaat yang bergantung akan pertumbuhan dan pengembangan diri si kecil seperti yang disebutkan diatas. Untuk itu, Moms bisa mendukungnya dengan cara menyiapkan makanan untuk si kecil ketika sudah selesai bermain. Moms bisa menyajikan Sunny Gold Chicken Tempura untuk dijadikan santapan si kecil.

Doc. Valya Annisya


Artikel Lainnya
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imun Tubuh! Lanjut Membaca
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Dengan Manfaat Jahe Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat