Kandungan Super Yang Perlu Moms Ketahui Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil

Komponen utama yang diperlukan untuk membentuk sel-sel didalam otak adalah lemak. Tetapi, lemak saja pun tidak cukup untuk membuat si kecil cerdas. Asupan zat gizi mikro juga penting untuk dikonsumsi si kecil, seperti vitamin dan mineral, karena kandungan ini membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.


Seperti yang dikutip dari parenting.co.id, inilah beberapa kandungan aneka zat gizi mikro yang bermanfaat untuk otak si kecil,


1.    DHA (Docosahexaenoic Acid)

Kandungan yang satu ini merupakan bentuk turunan dari asam lemak omega-3 dan merupakan komponen utama dalam pembentukan otak. DHA dapat diproduksi sendiri oleh tubuh berkat asupan makanan sumber asam lemak omega-3. Tetapi, produksi DHA yang dihasilkan sendiri oleh tubuh kurang efisien. Sehingga kita perlu untuk membantu produksi DHA dengan makan makanan sumber DHA. Dalam perkembangan otak, DHA membantu pembentukan jaringan saraf, perkembangan sensori, kognitif dan sistem saraf motorik selama masa pertumbuhan otak.


Moms bisa menemukan makanan sumber DHA ini di beberapa jenis ikan yang mengandung lemak, seperti ikan salmon, sarden dan ikan kembung serta ditambah dengan 1-2 gelas susu. Jika berat badan si kecil adalah 10 kg, maka si kecil membutuhkan sekitar 200 mg DHA per hari.


2.    Kolin

Moms bisa menyebut kolin dengan sebutan lesitin. Kandungan ini merupakan zat gizi penting dengan fungsi untuk meningkatkan ukuran dan jumlah neuron (sel otak) yang membuat si kecil lebih mudah belajar dan membantunya untuk mempertahankan apa yang dipelajari.


Kandungan ini bisa Moms temukan di susu, telur, hati, kacang kedelai dan kacang tanah. Si kecil membutuhkan kandungan kolin ditubuh sebanyak 200-375 mg per hari.


3.    Zat Besi

Zat besi dapat membantu anak untuk terus berenergi dan berkonsentrasi saat belajar atau bermain. Jika pada saat masa pertumbuhan asupan akan zat besi kurang, maka tidak dapat tergantikan pada saat dewasa. Efek negatifnya pada otak adalah fungsi sistem untuk pengantar saraf. Sehingga, daya konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar bisa terganggu. Dengan zat besi, daya konsentrasi si kecil bisa meningkat.


Makanan seperti daging sapi, ayam, sayuran hijau, dan serelia dapat ditemukan kandungan zat besi didalamnya.


4.    Vitamin B6 dan B12

Fungsi vitamin B6 adalah untuk meningkatkan memori dan kemampuan otak dalam memproses informasi pada tingkat yang lebih cepat. Sedangkan fungsi vitamin B12 adalah untuk memperbaiki serat saraf otak dan menjaga kadar homocysteine dalam darah pada tingkat yang sehat.


Moms bisa temukan vitamin B6 pada ikan tuna dan telur. Untuk vitamin B12 ada pada daging sapi, ikan, hati dan kerang.


Itulah beberapa kandungan super yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil ya Moms. Sebagian besar kandungan di atas, bisa Moms temukan juga didalam Sunny Gold. Karena Sunny Gold berasal dari ayam pilihan dan berkualitas. Yuk Moms lebih cerdas dalam memilih asupan makanan si kecil, dengan hanya memilih bahan-bahan makanan dari olahan yang berkualitas.


Artikel Lainnya
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imun Tubuh! Lanjut Membaca
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Dengan Manfaat Jahe Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat