Tips Hemat Untuk Moms Yang Bekerja

Moms, menjadi seorang Moms untuk si kecil memang tidak mudah. Apalagi ketika Moms juga mengemban tiga peran besar sekaligus, menjadi seorang istri, seorang Moms dan pekerja produktif. Moms tentu harus bisa menyeimbangkan masing-masing peran dengan tuntutan pekerjaan di kantor, tuntutan peran sebagai istri juga Moms bagi si kecil.


Jika keluarga mempunyai dua sumber penghasilan, yaitu Moms dan Ayah, tentu tujuan-tujuan keuangan keluarga bisa leluasa terwujudkan. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Walaupun mempunyai dua sumber penghasilan, tetapi tujuan-tujuan keuangan keluarga belum sepenuhnya terwujudkan. Jika hal ini terjadi, mungkin ada yang salah dalam cara mengatur keuangannya Moms.


Berikut ini tips hemat untuk Moms, yang dikutip dari liputan6.com,


1.    Disiplin Anggaran

Disiplin dalam mengatur anggaran adalah kunci utama agar keuangan keluarga tidak berantakan. Caranya ketika Moms mendapatkan gaji, langsung sisihkan 10 persen – 15 persen untuk tabungan. Hal ini dilakukan pada saat awal mendapatkan gaji ya Moms, bukan di akhir. Baru setelah itu, Moms bisa membayar aneka macam tagihan dan cicilan. Moms juga bisa memastikan bahwa cicilan Moms tidak lebih dari 30 persen gaji. Kenapa dibatasi? Karena jika tidak, makan hal ini akan terus mengganggu keuangan keluarga Moms. Sisa anggaran pun bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari.


2.    Masak Sendiri

Moms bisa masak sendiri untuk kebutuhan keluarga dan membawa bekal makan siang untuk menghemat anggaran keluarga. Seperti membawa bekal berisikan Sunny Gold untuk bekal Moms, ayah dan si kecil.


3.    Atur Jadwal

Belanja Kegiatan belanja memang menjadi pemicu perilaku boros. Apalagi jika kita tidak memiliki rencana yang pasti saat berbelanja. Sehingga sangat disarankan untuk membuat daftar belanjaan sebelum Moms pergi berbelanja.


4.    Tertib Pencatatan

Jika Moms ingin melacak sudah sejauh mana keberhasilan aksi penghematan yang dilakukan Moms, bisa melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan anggaran. Sehingga Moms mengetahui mana yang pengeluarannya lebih banyak.


Itulah beberapa tips hemat yang bisa Moms lakukan. Selamat mencoba ya Moms, dan selamat berhemat.


Artikel Lainnya
6 Tips Menjaga Pola Makan Selama Wfh Lanjut Membaca
6 Rekomendasi Olahan Nugget Ayam Yang Menggugah Selera Makan Lanjut Membaca
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat