Tips Untuk Meningkatkan Kecerdasan Keuangan Si Kecil

Pada usia 5 – 6 tahun, si kecil sudah mulai mengembangkan keterampilan kognitif dasar yang diperlukan untuk memahai konsep-konsep keuangan dasar. Seperti mengidentifikasi koin, menghitung sejumlah uang untuk membeli barang yang diinginkan si kecil dan mengetahui perubahan uang dengan nominal yang besar menjadi pecahan.


Menurut Janet Bodnar, penulis buku Dollars & Sense for Kids (Kiplinger Books), “Jika anak-anak belajar cara membelanjakan uang dengan bijak dan mampu menunda kepuasan, mereka akan mengembangkan kesabaran dan terampil merencanakan hal-hal lain dalam kehidupan mereka”.


Seperti yang dikutip dari parenting.co.id, ini beberapa tips untuk meningkatkan kecerdasan keuangan si kecil,


1.    Jelaskan Bagaimana Uang Bekerja

Berikanlah penjelasan kepada si kecil bahwa ATM bukanlah mesin pencetak uang. Sedangkan bank, bisa Moms ibaratkan sebagai celengan raksasa, tempat menyimpan uang untuk diambil sewaktu-waktu melalui mesin ATM. Beri juga penjelasan kepada si kecil, jika uang di akun bank sudah habis, maka tidak akan ada uang lagi dan tidak bisa membeli apa pun yang diinginkan si kecil.


2.    Ajari Si Kecil Kemandirian dalam Memenuhi Kebutuhannya

Moms bisa memulai dengan cara memberikan uang jajan pada si kecil secukupnya. Apabila si kecil ingin membeli sesuatu ajari ia untuk menabung terlebih dahulu dari hasil uang sisa jajannya. Jika uang yang si kecil punya tidak cukup untuk membeli sesuatu, jangan langsung memberikan uang tambahan tapi ajari ia untuk terus bersabar dalam menabung. Apabila si kecil menurut Moms sudah sabar dan tekun dalam menabung berilah ia apresiasi berupa uang tambahan di celangannya. Belikanlah celengan bening agar si kecil biisa melihat uangnya terus bertambah sehingga ia bersemangat untuk terus menabung.


3.    Bayar Sendiri ke Kasir

Saat si kecil berbelanja, bantu ia menghitung uang yang akan dibayarkan. Kemudian, biarkan ia sendiri yang menyerahkannya ke kasir. Tujuannya adalah untuk menambah pengalaman berbelanja si kecil agar lebih mandiri, selain itu dengan membantu ia menghitung uang belanja, ia akan memahami pengeluaran uang dalam berbelanja sehingga diharapkan nantinya ia akan lebih bijak dalam menggunakan uang untuk berbelanja.


4.    Cara Mendapatkan Uang Ekstra

Moms bisa memberikan uang ekstra kepada si kecil melalui usaha terlebih dahulu. Caranya dengan membuat daftar pekerjaan yang dapat si kecil lakukan diluar tugas rutinnya. Misalnya membantu membersihkan rumah, merapihkan rak buku, atau membantu memasak produk Sunny Gold untuk makan malam bersama keluarga.


Artikel Lainnya
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imun Tubuh! Lanjut Membaca
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Dengan Manfaat Jahe Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat