Warisan Orangtua Pada Si Kecil Secara Psikologis

Peribahasa tentang ‘buah jatuh tidak jauh dari pohonnya’, yang berarti sifat dan perilaku si kecil tidak jauh berbeda dengan Moms dan Ayahnya. Ternyata memang benar loh Moms. Si kecil bukan hanya mewarisi hal-hal secara genetika pada tubuhnya, tetapi si kecil juga akan mewarisi apa yang Moms dan Ayah lakukan.


Seperti yang dilansir dari vemale.com, secara psikologis, ada istilah modeling, yang berarti si kecil belajar dari lingkungannya dengan cara observasi (melihat) dan imitasi (meniru). Lingkungan terdekat si kecil adalah keluarga atau orangtua. Si kecil akan melihat dan meniru apa yang dilakukan Moms dan Ayah. Si kecil akan melihat dan meniru cara berbicara, menanggapi sesuatu, melakukan ini itu dan hal-hal lainnya. Si kecil sudah bisa melihat dan meniru sejak usia dini loh Moms.


Psikolog Southern Methodist University sekaligus penulis buku Parenting: A Dynamic Perspective. George Holden, Ph.D mengungkapkan bawah ketika orangtua melihat perilaku tertentu pada si kecil, sebaiknya tanyakan dulu hal itu kepada diri sendiri. Karena kebanyakan kasus, datangnya perilaku tersebut adalah dari orangtua.


Sehingga salah betul jika si kecil hanya mewarisi hal-hal genetik pada tubuhnya dari orangtua. Sedangkan pembentukan karakter pada si kecil bisa diwarisi oleh orangtuanya. Hal ini dikarenakan pada saat tumbuh kembangnya, si kecil lebih banyak berinteraksi dengan orangtua dan keluarganya. Jadi, apakah orangtua bisa menggiring si kecil untuk berperilaku dan menyukai hal-hal tertentu sesuai keinginan orangtua?


Margaret Tresch Owen, Ph.D, direktur Center for Children and Families University of Texas mengungkapkan bahwa orangtua bisa menunjukkan hal-hal apa saja yang ingin ia ajarkan pada si kecil, namun tidak bisa memaksakan apakah si kecil akan menyukainya balik atau tidak. Misal, menggiring si kecil untuk menyukai makanan sehat seperti sayuran. Tetapi si kecil tidak mau memakannya, Moms bisa mencoba memasak menu kesukaanya di kombinasi dengan sayuran. Seperti memasak Sunny Gold dengan brokoli. Mungkin Moms bisa membuatnya makan tetapi belum tentu si kecil menyukainya.


Jadi, sebagai orangtua sudah saatnya kita berhati-hati dalam berperilaku ya Moms.


Artikel Lainnya
6 Tips Menjaga Pola Makan Selama Wfh Lanjut Membaca
6 Rekomendasi Olahan Nugget Ayam Yang Menggugah Selera Makan Lanjut Membaca
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat