Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Si Kecil Sebelum Berolahraga Jogging

Olahraga merupakan satu kegiatan yang direkomendasikan untuk dilakukan minimal satu kali satu minggu. Bukan hanya Moms dan Ayah saja yang harus melakukan kegiatan ini loh, tetapi si kecil juga. Salah satu jenis olahraga yang sederhana dan murah serta si kecil bisa mengikutinya dengan mudah adalah jogging.


Jogging bisa dilakukan dimana saja. Entah itu jogging mengitari halaman rumah hingga ke taman. Tetapi sebelum melakukan jogging, tentu saja harus ada persiapan yang dilakukan agar si kecil tetap nyaman pada saat jogging. Seperti yang dikutip dari parenting.co.id, Moms tetap harus memperhatikan beberapa hal. Dan inilah persiapan yang dijelaskan oleh dr Michael Triangto, SpKO dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran.


1.    Atasi Masalah Kaki

Lihatlah terlebih dahulu kondisi kaki si kecil sebelum memilih sepatu untuk jogging. Jika ada masalah pada kaki si kecil, usahakan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari resiko cedera pada kaki si kecil.


2.    Sepatu

Pilihlah sepatu yang memang diperuntukkan untuk jogging. Janganlah mengganggap bahwa semua jenis sepatu kets berfungsi untuk olahraga lari.


3.    Kaos Kaki

Fungsi kaos kaki adalah untuk melindungi gesekan yang terjadi antara kaki dengan sepatu. Bukan hanya itu saja, kaos kaki juga berfungsi sebagai bantalan saat kaki melakukan banyak aktivitas sehingga kaki tidak cepat lelah. Kaos kaki yang diperuntukkan olahraga, biasanya mempunyai bentuk yang dibagian tumitnya lebih tebal disbanding bagian jari-jari.


Moms juga bisa menyesuaikan panjang kaos kaki si kecil dilihat dari lokasi jogging. Jika lokasinya ber-aspal atau semen, Moms bisa memilih kaos kaki yang berukuran pendek. Lain halnya jika lokasi jogging dilakukan di area yang berumput. Moms bisa memilih kaos kaki yang lebih panjang untuk menghindari si kecil dari iritasi kulit akibat gesekan rumput.


4.    Ikatan Tali Sepatu

Ikatan tali sepatu si kecil harus pas dengan kondisi kaki si kecil, bukan dipaskan dengan kondisi sepatu. Sehingga, pengikatannya jangan terlalu keras atau terlalu kendor. Jika si kecil mempunyai punggung kaki yang gemuk, pengikatan tali sepatu harus lebih longgar atau dengan mengubah pola pengaplikasian tali. Moms bisa tidak menyilangkan tali melainkan langsung lompat kelubang diatasnya.


5.    Pakaian

Berikan pakaian yang nyaman dan memungkinkan udara keluar masuk, serta menyerap keringat dengan baik pada si kecil. Pakaian yang kebesaran ataupun kekecilan bisa menghambat atau mengganggu gerakan si kecil pada saat melakukan jogging.


6.    Sediakan Minum

Dengan berkurangnya cairan di tubuh pada si kecil, membuat Moms harus membawa air minum agar si kecil tidak dehidrasi. Minuman apa yang disarankan untuk diminum pada saat olahraga? Cukup dengan air putih saja. Hal ini dikarenakan air putih lebih mudah diserap tubuh untuk mengganti cairan yang hilang saat berolahraga.


Itulah beberapa persiapan yang bisa Moms lakukan sebelum Moms, Ayah dan si kecil jogging. Selain melatih si kecil untuk berolahraga, kegiatan ini bisa Moms lakukan untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Dan jangan lupa Moms, untuk menyiapkan Sunny Gold sebagai sarapan keluarga sebelum jogging ya.


Artikel Lainnya
6 Tips Menjaga Pola Makan Selama Wfh Lanjut Membaca
6 Rekomendasi Olahan Nugget Ayam Yang Menggugah Selera Makan Lanjut Membaca
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat