Yuk, Latih Kecerdasan Interpersonal Si Kecil

Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk memahami perasaan, memotivasi dan mengenal suasana hati orang lain. Mengapa si kecil harus memiliki kecerdasan interpersonal yang baik? Karena kecerdasan interpersonal dapat menjadikan si kecil menjadi pribadi yang menyenangkan, cenderung tidak sulit untuk bergabung dengan lingkungan baru, peka terhadap tingkah laku orang lain, mampu bekerja sama dan luwes dalam berkomunikasi.


Seperti yang dikutip dari motherandbaby.co.id, hal penting yang harus Moms ingat saat menstimulasi kecerdasan interpersonal si kecil adalah berinteraksi dengan orang lain. Ada beberapa hal yang bisa Moms coba lakukan,


1. Biasakan si kecil untuk tidak canggung berkenalan dengan orang lain. Ajarkan si kecil untuk selalu bersalaman sambil tersenyum ketika diajak berkenalan.


2. Ketika si kecil sedang bermain bersama dengan teman-temannya, ajarkan si kecil untuk berbagi. Misalnya si kecil mempunyai mainan mobil-mobilan atau boneka, minta si kecil untuk mengajak temannya bermain bersama. Atau jika Moms membuat makanan seperti Sunny Gold, minta si kecil untuk mengajak temannya untuk makan bersama sebentar sebelum bermain kembali.


3. Moms bisa mengajarkan si kecil untuk membantu dan menolong teman dalam rangka mengasah empati si kecil. Seperti jika ada temannya yang menangis, minta si kecil untuk menghibur temannya.


4. Latih kepekaan di si kecil pada saat sedang membacakan buku cerita atau dongeng pada si kecil. Misalnya sedang bercerita tentang temannya yang harus pindah rumah dengan lokasi yang jauh dari rumah si kecil, tanyakan padanya apa yang dirasakan dan apa yang akan dilakukan.


5. Bicarakan perasaan Moms atau orang lain pada si kecil. Misalnya, “Dik, kakak sedang sedih. Jangan ajak ia bermain dulu ya. Main sama Moms saja…”. Ini akan membantu si kecil untuk mengasah kepekaan sosialnya pelan-pelan.


Artikel Lainnya
6 Tips Menjaga Pola Makan Selama Wfh Lanjut Membaca
6 Rekomendasi Olahan Nugget Ayam Yang Menggugah Selera Makan Lanjut Membaca
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat