Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan atau pilih-pilih makanan jadi masalah parenting yang paling umum. Biasanya, anak-anak tidak mau makan sayur dan buah. Jika dibiarkan begitu saja, kesehatan tubuh si kecil bisa bermasalah, Moms!

Karena itu, mari kenali cara-cara mengatasi anak susah makan berikut ini. Mulai dari mengurangi porsi makanan sampai mencampurkan sayur dengan makanan nugget ayam, Moms bisa membantu anak untuk menyantap makanan bergizi.


1. Porsi makan lebih sedikit, frekuensi yang diperbanyak

Moms bisa melengkapi porsi makan anak dengan memberikan camilan. Dengan begitu, walau porsi makanan beratnya dikurangi, asupan kalori tetap terpenuhi dengan menambah frekuensi makan. Sebagai contoh, si kecil sarapan di jam 8 pagi dan makan siang di jam 1 siang. Di jam 10.30 pagi, Moms bisa memberikan makanan nugget ayam seperti Sunny Gold Chicken Nugget sebagai camilan bernutrisi.


2. Buat menu makanan dengan bentuk dan warna menarik

Jika anak suka pilih-pilih makanan, Moms bisa menyiasatinya dengan mengubah tampilan makanan yang biasa jadi selucu kartun.

Dengan begitu, anak-anak akan melihat makanan di piring sebagai makanan yang lebih enak disantap. Moms juga bisa bertanya ke si kecil kira-kira tema makanan seperti apa yang ingin disantap keesokan harinya. Cara ini akan membuat anak lebih semangat untuk makan, tanpa pilih-pilih tentunya.


3. Buat menu sehat yang didampingi makanan favorit

Indera perasa anak-anak masih cukup muda, maksudnya belum terbiasa dengan rasa-rasa baru. Di lidah mereka, makanan sehat seperti sayur terasa pahit Jangan paksa anak untuk menghabiskan sayuran yang ada di piringnya, tetapi buatlah menu makanan yang mencampurkan makanan favoritnya dengan sayuran sehat. Salah satunya resepnya adalah makanan nugget ayam seperti Nasi Seaweed Nugget dengan Tahu Bulat yang dibuat dari Sunny Gold Chicken Nugget. Untuk melihat resep lainnya, Moms bisa cek di sini.


4. Lengkapi nutrisi dengan sayur & buah

Satu hal penting yang harus dijaga jika anak susah makan adalah asupan nutrisinya. Apakah sudah terpenuhi atau belum? Perut yang kenyang tidak selalu sama dengan asupan nutrisi yang terpenuhi, lho, Moms harus memilih sayur & buah yang juga berkhasiat meningkatkan imun tubuh anak.


5. Makan teratur di jam yang sama setiap hari

Biasanya, anak jadi susah makan karena masih merasa kenyang, nih. Nah, penting sekali bagi Moms untuk mengatur jam makan secara rutin setiap harinya. Sebagai referensi, Moms bisa mengikuti panduan jam makan seperti berikut ini:

● Sarapan: 06.30 pagi

● Makan siang: 11.00 siang

● Camilan: 15.00 sore

● Makan malam: 18.00 sore

● Camilan: 20.00 malam


Tentunya panduan jam makan di atas bisa Moms sesuaikan lagi dengan jadwal sekolah dan rutinitas sehari-hari. Namun, pastikan jam-jam tersebut diikuti dengan taat. Untuk menu makanannya, Moms bisa mengandalkan Sunny Gold Chicken Nugget sebagai menu camilan maupun menu utama.

Terbuat dari daging ayam asli dengan racikan bumbu yang enak, Moms tidak perlu repot karena hanya tinggal menggoreng makanan nugget ayam ini di wajan saja. Supaya tidak cepat bosan, Moms juga bisa mencoba resep-resep makanan nugget ayam dari Sunny Gold. Yuk, cobain resep-resep enak dengan Sunny Gold!

Artikel Lainnya
5 Tips Membantu Kembalikan Semangat Anak Sekolah Online Saat Pandemi Lanjut Membaca
Moms, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Anak Di Masa Pandemi Lanjut Membaca
Moms Wajib Tahu! Ikuti 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Lanjut Membaca
Hobi Anak Memasak? Yuk, Ajari Si Kecil Memasak Selama Pandemi Lanjut Membaca
7 Aktivitas Anak Di Rumah Supaya Tidak Bosan Selama Ppkm Lanjut Membaca
6 Tips Buat Moms Bagi Waktu Work From Home Dengan Pekerjaan Rumah Lanjut Membaca
5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Bisa Memperkuat Imun Tubuh! Lanjut Membaca
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Dengan Manfaat Jahe Lanjut Membaca
Click To Chat
Click to chat